Jumat, 06 April 2012

PENYEBAB TIMBULNYA ALGAE


Penyebab terjadinya algae adalah ketidakseimbangan sebuah sistem dalam aquarium, baik itu kekurangan CO2 maupun kekurangan nutrisi. Yang umumnya terjadi pada setup aquascape adalah:

CO2 yang tidak stabil
Kadar CO2 dalam air yang tidak stabil dapat menyebabkan algae tumbuh dengan subur, karena algae tidak membutuhkan kadar CO2 yang tinggi untuk tumbuh. Sehingga, beberapa orang sukses mengurangi jumlah algae dalam tank mereka hanya dengan meningkatkan kadar CO2 dalam air, atau pun pemberian liquid carbon secara rutin.

Kekurangan / Kelebihan nutrisi
Ketidakseimbangan nutrisi dalam aquascape juga dapat menyebabkan munculnya berbagai macam jenis algae, baik itu terlalu tinggi fosfat, nitrat, atau pun sebaliknya, yakni kekurangan fosfat. Karena pada saat tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik akibat dari ketidakseimbangan nutrisi, maka algae pun akan datang menyerang.

Pencahayaan yang terlalu lama atau pun terlalu tinggi
Tanaman memiliki batas dalam mengkonsumsi pencahayaan untuk melakukan fotosintesa. Apabila pencahayaan dilakukan terlalu lama, maka pencahayaan menjadi tidak dipakai secara maksimal yang berbuntut algae juga, atau bahkan kapasitas pencahayaan yang terlalu tinggi, tapi tidak diikuti dengan pemberian nutrisi yang cukup. Namun, semua itu kembali pada kodrat alam, yaitu matahari saja hanya bersinar 12jam, itu pun dengan tipe pencahayaan yang berbeda pula pada setiap waktunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar